Berita

Lokapala Akan Dipertandingkan di PON XX Papua 2021

Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) mengungkapkan, game buatan Indonesia yaitu Lokapala, akan menjadi salah satu yang dipertandingkan di ekshibisi esports PON XX Papua 2021.

Lokapala pun menyusul Mobile Legends, eFootball PES 2021, Free Fire, dan PUBG Mobile yang akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 yang diselenggarakan 2 Oktober hingga 15 Oktober mendatang.

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Harian PBESI Komjem Pol Bambang Sunarwibowo melalui Sekretaris Jenderal Frenky Ong dalam konferensi persnya pada Selasa 24 Agustus 2021.

“Pengurus Besar Esports Indonesia secara resmi telah menerima kesediaan pihak game developer Anantarupa Studios dan game publisher PT Melon Indonesia untuk mengadakan pertandingan persahabatan (friendly match) game Lokapala: Saga of the Six Realms.”

Frenky, yang membacakan pernyataan tersebut lalu menyatakan, masuknya Lokapala ke laga persahabatan di eskhibisi esports PON XX Papua 2021, tak lepas dari aspirasi dan antusiasme gamer yang ingin kehadiran game local itu.

“Hal ini juga merupakan realisasi dukungan PBESI terhadap industri pengembangan game lokal,” kata PBESI.

“Kami percaya, industri game nasional memiliki potensi yang besar untuk go international, sehingga harus selalu kita dukung bersama,” sambungnya.

Lebih lanjut, PBESI beharap agar ke depannya aka nada game developer di Indonesia lainnya dalam segmentasi esports yang dapat bersaing di kancang nasional.

Selain itu, hal ini juga diharapkan bisa meningkatkan dukungan dan kecintaan masyarakat pada game local, sehingga bisa semakin berkembang dan menjadi kebanggan nasional.

Ivan Chen, CEO Antarupa Studios pun menyambut baik dimasukkannya Lokapala untuk menjadi laga persahabatan di PON ke 20 Papua.

“Dengan masuknya Lokapala dalam PON, dalam pertandingan persahabatan ini dapat menunjukkan pada dunia, Indonesia juga berdaulat di dalam industri game esports,” katanya.

Pertandingan persahabatan game Lokapala sendiri dijalankan dalam format turnamen nasional. Pendaftaran babak kualifikasi friendly match ini dibuka pada 22 Agustus 2021 di platform Garudaku.com. Rencananya, pertandingannya akan berlangsung pada 6-7 September 2021.